Langsung ke konten utama

GPS Tracking atau Alat pelacak

Di era pertumbuhan telekomunikasi saat sekarang ini yg sangat pesat sekali,,,sangat rugi rasanya jika kita tidak tahu dengan tekhnologi yang satu ini.

GPS Tracking atau yg lebih dikenal dg nama "Alat Pelacak". Sekilas kita akan membayangkan tentang film-film Action/Spy mancanegara yg banyak menggunakan "alat pelacak" dalam bnyak aksi film tersebut, seperti film James bond 007, ato Lady Croft. Dimana mereka memasang alat pelacak pada kendaraan target yg akan mereka selidiki. Dan selanjutnya mereka akan memonitor pergerakan kendaraan tersebut melalui PC, Ponsel ato PDA dll.
Itu hanya segelintir fungsi dari GPS Tracking.
Sebelum kita bercerita banyak tentang GPS Tracking, ada baiknya kita mengetahui dulu sekilas tentang pengertian alat tersebut.
GPS (Global Positioning System) adalah Sistem yg bisa mengetahui posisi di permukaan bumi ato secara global, yg tentunya menggunakan jasa satelit. Dan Tracking berasal dari bahasa inggris yg berarti jejak, dan bisa disimpulkan Tracking adalah mengetahui jejak perjalanan yg kita tempuh dg selang waktu tertentu.
So, GPS Tracking adalah Alat untuk mendeteksi keberadaan kendaraan di muka bumi dan merekam jejak tempuh dari kendaraan yg dipasang alat.

Biasanya, produsen GPS memanfaatkan jasa dari situs Googlemaps.com, yg merupakan fasilitas dari Google sendiri.

Bicara tentang GPS Tracking, kebetulan saya juga bekerja disalah satu perusahaan GPS terkemuka diIndonesia. Dan telah menguji smua fasilitas dan banyak keuntungan memakai jasa GPS Tracking ini. Salah satunya adalah ENGINE STOP via SMS (Short Message Service).
Jadi, si empunya kendaraan bisa matiin mesin hanya cukup dg kirim SMS ke no. yg ditentukan oleh penyedia alat. So, don't worry be happy bila kendaraan anda dicuri org, tinggal telpon polisi dan kasih tau dech lokasi kendaraannya. :-)

Tp yg namanya maling slalu tahu cara ngakalin barang yg akan mreka kerjain. Dan biasanya para tekhnisi GPS pun ngk mau kalah juga ma tuh maling, mereka slalu punya trik baru untuk instalasi pada tiap kendaraan (tp penyedia alat ngk akan mau jamin keselamatan kendaraan,coz mereka bukan perusahaan asuransi).  :D

Dan bicara soal pemantauan, penyedia alat mempunyai sistem yg cukup solid dan server yg selalu update (24 jam). Dan tentunya juga dengan tampilan peta yang yang selalu up to date dan tambahan lain di layar monitor tersebut seperti peta satelit dan hybrid (hybrid = gabungan dari peta satelit dan peta digital biasa di googlemaps). Selain peta, penyedia biasanya juga menyediakan banyak program tambahan, seperti :  pembatasan zona perjalanan mobil, komunikasi 2 jalur, penyadap suara didalam mobil, alarm , sensor tabrakan, sensor pintu, dll (tentu saja itu semua terkoneksi  dengan internet). sehingga user bisa mendapatkan fasilitas lebih dari cuma sekedar monitor.

Jadi, bila anda ragu dengan keamanan kendaraan anda atau anda ingin selalu bisa mengawasi kendaraan anda 24 jam non-stop, segera dech request alat tersebut ke penyedia layanannya. 

Demikian sedikit deskripsi tentang GPS Tracking. semoga bisa menambah wawasan anda dalam hal tekhnologi telekomunikasi.
bagi anda yang berminat, silahkan klik di Disini .

Salam Hangat,
Penulis


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Kata Chaos

Seorang anak yang sedang belajar bahasa Inggris hendak menanyakan arti sebuah kata dalam bahasa Indonesia karena kamusnya sedang dipinjam oleh temannya. Kata tersebuat adalah : "Chaos". Anak : "Bu, apa arti kata chaos dalam bahasa Rusia?" Ibu : "Oh... itu tergantung siapa pengarang kamusnya nak." Anak : "Lho kok . . . , apa tiap pengarang berbeda arti bu? (tanya sang anak semakin bingung)" Ibu : "Kalau menurut Pusat Bahasa berarti kacau balau, tapi kalau Pemerintah, itu artinya Aman dan Terkendali nak."

Apa itu HTML

Post kali ini akan sangat teknikal sekali. Dalam beberapa post kedepan, kami berencana mengupas tuntas blogging dari sisi teknologi atau pemrograman . harapan kami, blogger – blogger yang belum memiliki dasar pemahaman pemrograman web dan penasaran bagaimana aplikasi blogging berjalan akan tercerahkan melalui seri post ini. Well, enjoy then Apa itu HTML? HTML = HyperText Markup Language. Bahasa Markup ( berdasarkan id.wikipedia, bahasa markup berarti kombinasi teks dan informasi tambahan mengenai teks tersebut. markup = markah/penanda, atau dalam HTML <tag> yang memberikan fungsi tertentu ) yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. HTML adalah standar yang digunakan untuk sebuah halaman web. HTMl di definisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). Itu tadi definisi dari HTML. bisa dijelaskan lebih detil lagi? Hmm… Sederhananya begini. Saya yakin anda semua mengetahui file .doc nya microsoft word. nah, ini ada jenis fi
Mawar Untuk Ibu Seorang pria berhenti di toko bunga untuk memesan seikat karangan bunga yang akan dipaketkan pada alamat sang ibu yang tinggal sejauh 250 km darinya. Begitu keluar dari mobilnya, ia melihat seorang gadis kecil berdiri di trotoar jalan sambil menangis tersedu-sedu. Pria itu menanyainya, “kenapa kau menangis gadis kecil?” dan dijawab oleh gadis kecil, “Saya ingin membeli setangkai bunga mawar merah untuk ibu saya. Tapi saya cuma punya uang lima ratus rupiah saja, sedangkan harga mawar itu seribu rupiah” Pria itu tersenyum dan berkata, “Ayo ikut, aku akan membelikanmu bunga yang kau mau.” Kemudian ia membelikan gadis kecil itu setangkai mawar merah, sekaligus memesankan karangan bunga untuk dikirimkan ke alamat ibunya. Ketika selesai dan hendak pulang, ia menawarkan diri untuk mengantar gadis kecil itu pulang ke rumah. Pria itu berkata, “Bolehkah aku mengantarmu pulang, gadis kecil?” Gadis kecil itu melonjak gembira, katanya, “Ya, tentu saja. Maukah Anda m